0071. “INNA LILLAHI WA INNAA ILAIHI RAJI’UN” ULAMA YANG KUKAGUMI, KH. MAIMUN ZUBAIR, BELIAU TELAH WAFAT DI TANAH SUCI MEKKAH, SELASA/ 06 AGUSTUS 2019 (05 Dhulhijah 1440H), JAM 08.17 WIB.

semua

10 Agustus 2019,

Hanya Orang Cerdas yang Mengingat Mati

Dengan mengenang wafatnya Mbah Maimun Zubair, semoga kita termasuk golongan orang orang yang cerdas yang paling banyak mengingat kematian dan paling siap menghadapinya sesuai hadist yang diriwayatkan sahabat Ibnu Umar RA sebagai berikut ”Aku datang menemui Nabi Muhammad SAW bersama 10 orang, lalu salah seorang Anshar bertanya, siapakah orang yang paling cerdas dan paling mulia wahai Rasulullah? Nabi menjawab, orang yang paling banyak mengingat kematian dan paling siap menghadapinya, mereka itulah orang-orang yang cerdas, mereka pergi dengan membawa kemuliaan dunia dan kehormatan.” (HR Ibnu Majah)

Perbedaan terbesar orang yang mengingat kematian dengan tidak ialah terletak pada kehati-hatian bersikap, kerendahan hati, keikhlasan, amal kebaikan, Perjuangan-nya dan kezuhudannya. Harta, tahta, kata, dan cinta dunia yang ia miliki tak mempengaruhi pandangannya terhadap semua manusia. Ia memahami manusia sama-sama sebagai makhluk ciptaan Allah yang akan kembali pada-Nya dan mempertanggungjawabkan segala amal perbuatannya. Hanya tingkatan takwa yang membedakan kedudukan masing-masing manusia.

Ia tak segan menguras harta untuk membantu kesusahan orang lain. Jabatan atau tahta, ia fungsikan sebesar-besarnya untuk kemaslahatan seluruh rakyat dan bukannya malah membebani hidup rakyat. Cinta, kata, serta popularitas, ia gunakan untuk melakukan banyak pencerahan agar kehidupan masyarakat terangkat lebih baik.

Mengingat kematian akan melembutkan hati yang keras, kaku, dan beku. Syafiah RA mengisahkan seorang perempuan mengadu kepada Aisyah RA tentang kekerasan hatinya, lalu Aisyah berkata, ”Per banyaklah mengingat kematian niscaya hatimu menjadi lembut.” Kemudian perempuan itu melakukannya sehingga hatinya menjadi lembut.

Terus Terang saja, saya secara pribadi belum pernah ketemu beliau apalagi nyantri di tempat beliau. Saya hanya sering mendengarkan pengajian beliau lewat you tube.  Saya juga sering mendengarkan ceramah murid beliau Gus Baha, Putra Beliau Gus ghofur, Gus Najih, dll di you tube. Betapa luas-nya dan dalam-nya ilmu beliau. Penyampaian ceramah sangat enak didengar dan sejuk dihati ( penyampaian dengan kasih sayang, penuh kedamaian dan jauh dari hasut dan permusuhan).  Beliau adalah ulama yang patut menjadi teladan dan sangat representatif buat contoh Indonesia yang majemuk (Bhineka Tunggal Ika) dan dijaman sekarang ini yang serba materi. Beberapa testimoni  ceramah dari Gus Najih (Putra-nya) dan Gus Mus pada 3 hari setelah wafatmya dirumah KH Maimun Zubair, di Sarang Rembang, saya yakin beliau adalah salah satu ulama yang sholeh lahir dan batin. Semoga Alloh melahirkan Ulama seperti beliau setelah wafatnya.

Salah satu wejangan penting Mbah MaimunTidak semua orang yang pintar/cerdas/intelektual itu adalah orang yang benar/lurus, Tidak semua orang yang benar/lurus adalah orang pintar/cerdas/intelektual. Banyak orang pintar cerdas/intelektual tapi tidak benar/lurus. Dan banyak orang benar/lurus meski pun dia tidak/bukan orang pintar/cerdas/intelektual. Namun dari pada jadi orang pintar/cerdas/ intelektual tapi tidak benar/lurus lebih baik menjadi orang benar / lurus meskipun dia tidak pintar/cerdas/intelektual. Ada yang lebih hebat/bagus yaitu menjadi orang yang pintar/ cerdas/intelektual yang selalu berbuat benar/lurus. Membuat pintar/cerdas/intelektual orang yang benar/lurus itu lebih mudah dari pada membuat orang pintar/cerdas/intelektual menjadi orang yang benar / lurus. Membuat orang cerdas/pintar/intelektual menjadi orang yang benar/lurus itu membutuhkan kejernihan/kebeningan hati dan keluasan jiwa…!”

 Beberapa Nasehat dan Pesan pesan  penting lain-nya dari KH Maimun Zubair ;

  1. Perbedaan tak perlu dibesar besarkan sehingga kita bisa hidup rukun, yang penting kita umat islam itu “Habluminalloh” harus dikuatkan dan “Habluminannass” harus dijaga dengan baik (Harlah NU’91)
  2. Kalau memilih istri itu jangan yang terlalu mengerti dunia (Materi), Karena seberapa sholeh anakmu tergantung sesholehan apa ibunya (Nek milih bojo iku sing ora patiyo ngerti ndunyo, mergo sepiro anakmu sholeh, sepiro sholehe ibune)
  3. Mereka yang ingin menjadikan Indonesia sebagai negara Islam adalah mereka yang tidak memahami sejarah bangsa Indonesia
  4. Mengharamkan Bank sama dengan mengharamkan Terjemah Alquran
  5. Sebaik baik perhiasan adalah istri yang sholihah, sebaik baik harta adalah anak yang sholeh-sholihah pula. inilah kenikmatan akherat yang kelak akan dialami keluarga mukmin.
  6. Walaupun berguru pada kyai arab, jangan menyepelekan kyai Jawa, Sikap macam itu tidak saja bisa memusnahkan Kyai Jawa, tapi juga memusnahkan Kyai Arab sekaligus. Disini punah, disana juga punah.
  7. Semua hal tentang dunia telah dibuka oleh Tuhan. Segala sesuatu (sampai hal detail sekalipun) bisa diraih karena sudah tahu rahasia ilmunya, sehingga orang orang disuruh tawakkal susah, padahal bila mau tawakkal pasti dicukupi oleh Tuhan.
  8. Semua barang itu akan hilang, orang makan daging juga akan hilang dagingnya, tetapi ada yang tidak hilang yaitu Ruh, ini pemberian langsung dari Alloh tanpa Process.
  9. Yang paling hebat bagi seorang Guru adalah mendidik dan rekreasi yang paling indah adalah mengajar.
  10. Wong iku seng apik ora keno nyepelek’ake doso senajan cilik, lan ora keno anggak karo amal sanajan akeh amale (Orang yang baik itu tidak menyepelekan dosa meskipun kecil dan tidak sombong ketika punya amal meskipun banyak).
  11. Nak, kamu kalau jadi guru, dosen atau jadi kyai kamu harus tetap usaha, harus punya usaha sampingan biar hati kamu nggak selalu mengharap pemberian ataupun bayaran orang lain, karena usaha yang dari hasil keringatmu sendiri itu barokah.
  12. Jangan Meniru ayam punya sayap tapi tidak bisa terbang.
  13. Nek arep ngomong ojo waktu Jengkel.
  14. Termasuk orang yang baik itu, orang yang tidak bisa ngaji tetapi senang berkumpul dengan orang yang bisa mengaji.
  15. Jika engkau bukanlah seorang yang menguasai banyak ilmu agama, maka ajarkanlah alif ba’ ta’ kepada anak anakmu. Setidaknya itu menjadi amal jariyah untukmu, yang tak akan terputus pahalanya meski engkau berada dialam kuburmu.
  16. Jadi guru itu tidak usah punya niat bikin pintar orang. Nanti kamu hanya marah marah ketika melihat muridmu tidak pintar. Iklasnya jadi hilang. Yang penting niat menyampaikan ilmu dan mendidik yang baik… masalah muridmu kelak jadi pintar atau tidak, serahkan pada Alloh. Didoakan saja terus menerus agar muridnya mendapat hidayah.
  17. Sampain ini jangan main hukum kafir begitu saja, wong sampaian saja belum pasti masuk surga. Ngapain ngurusi orang lain.
  18. Kanggone wong islam, nak susah yo disabari, nak bungah disyukuri (Untuk orang Islam, saat susah harus disabari dan saat suka atau bahagia disukuri)
  19. Jika engkau tidak bisa berbuat kebaikan sama sekali, maka tahanlah tangan dan lisanmu dari menyakiti sesama makhuk hidup, setidaknya itu akan menjadi sedekah untuk dirimu.
  20. Kalau saya melihat laskar FPI, saya teringat GP anshor tahun 1948 sampai 1965, Ghirohnya tinggi. Mbah hasyim dan Mbah Wahab itu orangnya TEGAS.. Berani, Jelas Idzhar
  21. Saya tidak ada ragu. NU ini mem,ang harus nasionalis. NU tidak dimiliki satu kelompok tapi harus dimiliki seluruh Nasional. Ini organisasi yang menjadi Pilar Bangsa Indonesia. PBNU itu Pancasila, Bhioneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945. Kalau NU sudah nasionalis, saya yakin Indonesia akan Baldatun Toyyibatun Warabbun Ghofur.
  22. Jangan mudah berburuk sangka agar hatimu tidak gelap dan tidak sengsara.
  23. Manusia yang bagus itu tak berubah sikapnya dikala senang maupun susah.
  24. Dalane Swargo iku ILMU, Isone enthuk ilmu itu NGAJI, ngaji seng coro ulama utowo kyai modern yo modern tapi ojo lali NGAJI senajan seminggu pisan.
  25. Sebaik baiknya dunia itu ketika dipisah antara baik dan buruk, sebaliknya seburuk buruknya dunia ketika bercampur antara baik dan buruk (Apik apike donyo iku nalikone pisah antarane apik lan olo. Sakwalik’e elek elek’e donyo iku nalikane campur antarane apik lan olo).
  26. Banyak yang membaca Alquran karena tujuan mencari uang sehingga kurang memperhatikan ilmu ilmu menbaca Alquran seperti membaca Makhraj dan tajwid yang benar.
  27. Sebaik apapun benih ditanam jika ladang gersang takkan tumbuh padi yang baik.
  28. Jangan terlalu benci nanti malah nempel
  29. Harus berani tampil kuat meski sebenarnya pengen nangis
  30. Aku suka dengan orang yang tidak begitu mengurusi harta dunia
  31. Kalau punya keinginan tapi kok belum mampu maka jangan terlalu dipikir supaya tidak cepat mati.
  32. Santri kalau sudah pulang kampung dari tempat belajar / pondok pesantren harus berani istikomah.
  33. Orang ketika keluar dari kandungan sang ibu harus susah, sedangkan keluar dari dunia yaitu meninggal harus senang ini alamatnya orang akan senang.
  34. Dadi santri kudu nduweni ilmu njobo – ilmu njero; ilmu njobo kanggo serawungan karo masyarakat, ilmu njero kanggo awake dewe.
  35. Indonesia ini lain dari yang lain. Jika disana muslim diumpamakan phon kurma, disini seorang muslim seperti Padi Padian.
  36. Termasuk tanda kiamat itu ketika orang sudah tidak mau bertani karena untungnya sedikit..
  37. Jangan pernah meremehkan kebaikan, bisa jadi seseorang itu masuk surga bukan karena puasa sunah-nya, bukan karena panjang shalat malam-nya, tapi bisa jadi karena akhlak baiknya dan sabarnya ia ketika musibah datang melanda.
  38. Sekarang ini zaman generasi milenial, bukan zaman nabi, maka berdakwalah dengan mengikuti zaman, agar islam tetap jaya sampai kiamat.
  39. Perbedaan pilihan dalam memilih pemimpin itu diperbolehkan, yang penting tidak timbul permusuhan.
  40. Sanad keilmuan itu penting. Karena itu pokok dan menjadi syarat bahwa ilmu benar benar berasal dari Nabi Muhammad .
  41. Jika engkau melihat seekor semut terpeleset dan jatuh di air, maka angkat dan tolonglah… barangkali itu menjadi penyebab ampunan bagimu diakherat.
  42. Beritahukan kepada para santri dan alumni bahwa saya mendukung calon presiden nomer urut satu (Bapak Joko Widodo, diriwayatkan oleh kang asyrof santri ndalem beliau).
  43. Uang mahar itu berkah kalau buat modal usaha, jadi nanti kalau kamu nikah, usahakan uang maharnya yang banyak, nanti setelah nikah, kamu bisa minta izin istrimu untuk menggunakan uang mahar tersebut buat modal usahamu, inysaaAlloh usahamu BAROKAH.
  44. Besok kalau sudah berumah tangga, setiap mau masuk rumah jangan lupa baca surat al iklas meskipun hanya sekali.
  45. Dll (Masih banyak sekali….lainya yang tidak bisa ditulis disini…)

Cisitu Lama I, Bandung

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.