0059. 8 Hewan yang oleh Hukum SYAR’I (Hadist) Yang Dibolehkan Untuk Di bunuh (Tikus, Kalajengking, Burung Rajawali, Burung Gagak, Anjing Galak, Cecak, Tokek, Ular Belang/Berekor Pendek) & 5 Hewan Yang DiLarang Untuk di Bunuh (Semut, Lebah, Burung Hud Hud, Burung Shurad, Katak).

13 Mei 2019,

Assalamualaikum…….Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad keluarga dan sahabatnya.
Mari kita belajar terus menerus mengenai ilmu agama (Syar’i) dalam hal Hewan/Binatang yang dibolehkan dan dilarang untuk membunuhnya.

  1. 8 Hewan yang boleh dibunuh (Tikus, Kalajengking, Burung Rajawali, Burung Gagak, Anjing Galak, Cecak, Tokek, Ular Belang atau Ular berekor Pendek)1
    • Shahih Bukhari No. 3067. Telah bercerita kepada kami Musaddad telah bercerita kepada kami Yazid bin Zurai’ telah bercerita kepada kami Ma’mar dari Az Zuhriy dari ‘Urwah dari ‘Aisyah Radliallahu ‘anha dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Ada lima jenis hewan fasiq (berbahaya) yang boleh dibunuh ketika sedang ihram, yaitu tikus, kalajengking, burung rajawali, burung gagak dan anjing galak” . Note; dimaksud dengan “kalb aqur” sebenarnya bukan maksudnya untuk anjing semata, inilah yang dikatakan oleh mayoritas ulama. Namun sebenarnya kalb aqur yang dimaksudkan adalah setiap hewan yang pemangsa (penerkam) seperti binatang buas,macan, serigala, singa, dan lainnya. Inilah yang dikatakan oleh Zaid bin Aslam, Sufyan Ats Tsauri, Ibnu ‘Uyainah, Imam Asy Syafi’i, Imam Ahmad dan selainnya.
    • Shahih Bukhari No. 3062. Telah bercerita kepada kami Shadaqah bin Al Fadlal telah mengabarkan kepada kami Ibnu ‘Uyaynah telah bercerita kepada kami ‘Abdul Hamid bin Jubair bin Syaibah dari Sa’id bin Al Musayyab bahwa Ummu Syarik mengabarkan kepadanya bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan untuk membunuh cecak. Dari Ummu Syarik –radhiyallahu ‘anha-, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk membunuh cecak. Beliau bersabda, “Dahulu cecak ikut membantu meniup api (untuk membakar) Ibrahim ‘alaihis salam.” (HR. Bukhari no. 3359), Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang membunuh cecak sekali pukul, maka dituliskan baginya pahala seratus kebaikan, dan barang siapa memukulnya lagi, maka baginya pahala yang kurang dari pahala pertama. Dan barang siapa memukulnya lagi, maka baginya pahala lebih kurang dari yang kedua.” (HR. Muslim no. 2240).
    • Sa’ad bin Abi Waqqosh, beliau mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk membunuh tokek, beliau menyebut hewan ini dengan hewan yang fasik” (HR. Muslim no. 2238). An Nawawi membawakan hadits ini dalam Shahih Muslim dengan judul Bab “Dianjurkannya membunuh cecak.”
    • Shohih Bukhori No. 3063. Telah bercerita kepada kami ‘Ubaid bin Isma’il telah bercerita kepada kami Abu Usamah dari Hisyam dari bapaknya dari ‘Aisyah radliallahu ‘anhu berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bunuhlah ular-ular belang karena jenis ular ini dapat merabunkan penglihatan dan mengugurkan kandungan”. Hadits ini diikuti pula oleh Hammad bin Salamah dari Abu Usamah. 3054. Telah bercerita kepada kami ‘Abdullah bin Muhammad telah bercerita kepada kami Hisyam bin Yusuf telah bercerita kepada kami Ma’mar dari Az Zuhriy dari Salim dari Ibnu ‘Umar radliallahu ‘anhuma bahwa dia mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam yang sedang menyampaikan khathbah di atas mimbar bersabda: “Bunuhlah ular-ular dan (terutama) bunuhlah ular belang (bergaris putih pada punggungnya) dan ular yang ekornya pendek (putus) karena kedua jenis ular ini dapat merabunkan pandangan dan menyebabkan keguguran (janin) “. ‘Abdullah berkata; “Ketika aku mencari ular untuk membunuhnya, Abu Lubabah memanggilku; dan berkata; “Jangan kamu bunuh”. Aku katakan; “Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah memerintahkan untuk membunuh ular-ular”. Dia berkata; ” Beliau setelah itu melarang membunuh ular-ular yang tinggal di rumah, yaitu yang disebut al-‘awamir (ular yang lama berdiam di rumah manusia). Dan ‘Abdur Razaq berkata dari Ma’mar; “Maka Abu Lubabah atau Zaid bin Al Khaththab melihatku” (redaksi dengan riwayat lain dari memanggilku). Hadits ini juga diikuti oleh Yunus, Ibnu ‘Uyaynah, Ishaq Al Kalbiy dan Az Zubaidiy. Dan berkata Shalih, Ibnu Abi hafshah dan Ibnu Mujammi’ dari Az Zuhriy dari Salim dari Ibnu ‘Umar radliallahu ‘anhuma; “Maka Abu Lubabah atau Zaid bin Al Khaththab melihatku”
  2. 5 Hewan Yang DiLarang Untuk di Bunuh (Semut, Lebah, Burung Hud Hud, Burung Shurad, Katak).2.png
    • Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang untuk membunuh empat binatang: semut, lebah, burung Hudhud dan burung Shurad.” (HR. Abu Daud no. 5267, Ibnu Majah no. 3224 dan Ahmad 1/332. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)
    • Dari ‘Abdurrahman bin ‘Utsman, ia berkata, “Ada seorang tabib menanyakan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai katak, apakah boleh dijadikan obat. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang untuk membunuh katak.” (HR. Abu Daud no. 5269 dan Ahmad 3/453. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih). Al Khottobi mengatakan, “Hadits ini menunjukkan bahwa katak itu haram dikonsumsi dan ia tidak termasuk hewan air yang dibolehkan untuk dikonsumsi.”[8] Imam Ahmad mengatakan, “Setiap hewan yang hidup di air boleh dimakan kecuali katak dan buaya.”[Tuhfatul Ahwadzi bi Syarh Jaami’ At Tirmidzi, Abul ‘Alaa Al Mubarakfuri, 1/189, Darul Kutub Al ‘Ilmiyyah).

Demikian Sharing Knowledge dalam Ilmu Syar’i (Agama Islam), mudah2an bermanfaat dan bisa digetok tularkan ke orang lain (teman2 lainya). Aamiin

Referensi:

Cisitu Lama , Bandung

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.