POTRET REUNI # 212 (DAHSYAT, ANEH DAN AJAIB) “Ya….ada yang mendukung dan membela, ada yang menanggapi biasa biasa saja, ada yang kagum dan heran, ada yang bersemangat pantang menyerah, ada yang khawatir dan takut, ada yang sinis, mencemooh dan malas, ada yang menakut-nakuti, ada yang suka atau gembira, tapi ada juga yang sedih atau gelisah”……SEJARAH BARU INDONESIA???.

16 Desember 2018,

Segala puji dan kerajaan milik Alloh, yang menghidupkan, yang mematikan, yang menciptakan langit bumi se-isinya. Maha suci Alloh, tiada daya dan kekuatan kecuali dari-Mu ya,, Alloh. Semoga sholawat, keberkahan, keselamatan dan kesejahteraan senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam. Aamiin.

peserta-reuni-akbar-212-berkumpul-di-lapangan-monumen-nasional-monas_20171202_144440

DAHSYAT, ANEH DAN AJAIB

Sangat dahsyat, aneh dan ajaib, sebab belum pernah ada reuni perkumpulan seperti itu yang terjadi didunia ini dengan orang sebanyak itu tapi super damai, tertib dan aman. Karena kesuksesan reuni tersebut sehingga banyak orang yang berdebat mengenai jumlah peserta orang yang mengikutinya….. lucu ya….. lihat ILC di you tube, atau lihat komentar komentar petinggi lembaga negara atau anggota anggota partai yang tidak menyetujui diadakan-nya reuni #212 tersebut. Lihat juga komentar Pak Prabowo dan Pak Mahfud MD dibawah ini. Lihat juga Tulisan ‘SIEM MEI HWA” yang ikut nimbrung di reuni akbar #212 ini.

Jumlah peserta yang hadir dalam Reuni Akbar 212 di Kawasan Monas pada 2 Desember 2018, mencapai 8 juta-10 juta orang, Dilansir BBC News Indonesia mengutip laporan Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212 Slamet Maarif, menurutnya, peserta Reuni Akbar kemarin lebih banyak dibandingkan aksi 212 pada 2016 lalu. Padahal reuni ini tidak dihadiri oleh orang orang yang dianggap sebagai pembesar pembesar aksi #212 sebelumnya.

Kenyataan fakta dilapangan bahwa seluruh media mainstream bungkam dan hanya disiarkan oleh salah satu (1) TV Swasta saja yaitu TV 1 (ONE). TVRI Nasional No Signal (Tidak ada signal), RCTI No Signal, SCTV No Signal, NET TV No signal, MNC TV No Signal, GTV No Signal, Indosiar No Signal, dll.

Banyak pihak heran sekaligus prihatin kenapa media tidak tertarik memuat berita Reuni Akbar #212 menjadi headline (HL) atau berita utama. Aneh memang!!! jutaan orang hadir, tapi tidak menjadi sesuatu yang menarik buat media…….. dari hal tersebut terlihat bahwa media tidak fair dan dikendalikan oleh pemiliknya. Hanya beberapa media saja yang menjadikan Acara reuni #212 menjadi Headline atau berita utama. Berbanding terbalik dengan kubu pendukung pemerintah jika mengadakan acara pasti diberitakan besar besaran. Kembali lagi kepada masyarakat yang menilai tentang hal ini.

Dikutip dari Tribunnews.com jakarta, Kamis, 6 Desember 2018 08:12 WIB, Prabowo Subianto, menyampaikan kritik keras kepada kalangan wartawan dan pers terkait acara reuni 212 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (2/12/2018) lalu. Ia menyebut media mainstream tidak fair karena tidak memberi porsi yang layak terhadap acara yang dipadati ribuan peserta itu. “Beberapa hari lalu ada acara besar di Monas, hadir jutaan orang tapi banyak media di Indonesia tidak melihatnya,” kata Prabowo di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Rabu, (5/12/2018). “Jutaan hadir tapi media kita tidak melihatnya. Ini aneh bin ajaib. Mereka, saya katakan, hanya menunggu gue salah ngomong kemudian digoreng lagi,” katanya. Prabowo menambahkan hampir semua media tidak mau memberitakan adanya 11 juta orang berkumpul di Monas dalam reuni 212. Padahal kejadian tersebut merupakan momentum akbar yang belum pernah terjadi sebelumnya di dunia. “Hebatnya media-media dengan nama besar dan mengatakan dirinya objektif, justru menjadi bagian dari usaha memanipulasi demokrasi. Kita bicara yang benar ya benar, yang salah ya salah. Mereka katakan yang 11 juta hanya 15 ribu,” katanya. Mantan Pangkostrad itu menduga sekarang ini ada upaya memanipulasi demokrasi di Indonesia.

Prof. Mahfud MD dalam  Tribun Jateng.com Senin, 3 Desember 2018 09:41, mengatakan jika Reuni Akbar 212 bermuatan politis dan bukan merupakan aksi keagamaan. “Apa yang mau diomongkan? Sudah berlangsung dgn baik. Ya, sudah. Kemarin Saya sudah bilang, Reuni 212 itu lebih merupakan aksi bernuansa politik, bukan aksi keagamaan. Tapi sah saja, tak bisa dihalangi. Kelompok lain, boleh juga membuat gerakan serupa, tak bisa dihalangi,” tulis Mahfud MD di akun Twitter miliknya, @mohmahfudmd. Ia juga menuliskan bahwa dirinya tak diundang dalam acara tersebut. “Hahaha. Saya tidak pernah diundang. Mungkin mereka tahu, itu bukan habitat saya. Mereka itu kan teman2 saya juga, jadi mereka tahu bahwa saya bukan alumni 212. Mestinya jika reuni, yang datang ya alumninya. Kalau bukan alumni ikutan datang, bisa dituding sebagai penyusup,” jawabnya. Lebih lanjut, Mahfud MD mengatakan jika dirinya memang malas berjubel di tengah massa yang besar. “Intinya, bukan soal NU atau bukan. Juga bukan soal cenderung mendukung siapa. Sejak dulu saya memang agak malas berjubel dgn massa yang besar. Saya lebih suka berkumpul di forum terbatas spt seminar atau kuliah,” ungkap Mahfud MD menanggapi postingan netizen yang telah dihapus. Menurut Mahfud MD, hadir atau tidaknya dalam Reuni Akbar 212 bukanlah menjadi ukuran keimanan seseorang. “Hadir ke Reuni 212 bukan ukuran keimanan. Sy yakin banyak yg tdk hadir di sana imannya lebih kuat dan lbh lbh paham urusan agama daripada umumnya yg hadir. Sebaliknya banyak jg yg hadir di sana imannya tak lbh kuat. Jadi tak bisa digebyah-uyah sesederhana itu. 212 bkn soal iman,” tulisnya. “Terserah Anda saja. Coba baca, saya hanya menjawab Sukman yang mengaitkan iman dgn kehadiran di Reuni 212. Mau hadir arau tidak, tak usah dikaitkan dgn iman. Mau hadir ya saja, boleh. Mau tak hadir juga boleh. Ini soal demokrasi, tak boleh ada yg memaksa atau melarang,” sambung Mahfud MD.

TULISAN “SIEM MAI HWA” yang MENYENTUH HATI (BIARPUN DIKIRIM LEWAT WA)

Dalam tulisanya dia menceritakan bahwa dia terkejut dan takjub karena banyaknya perserta reuni yang jutaan manusia itu bisa berkumpul namun damai, tertib, aman dan tidak rusuh, dia dan keluarganya juga menemui beberapa jamaah peserta reuni akbar tersebut sangat ramah, sopan, dan santun. Dia tidak bisa menahan tangis karena terharu bisa diterima perserta reuni untuk bergabung padahal bersuku tionghoa dan agamanya beda dengan peserta reuni. “Jutaan rasa yang menghinggapi kami membuat  aku terisak, beberapa jamaah memberiku tissue, aku mengusap air mataku, belum pernah perasaan ini berkecamuk sebegitu dahsyatnya. Rasa takjub dan bangga belum pernah aku lihat manusia sebanyak itu begitu tertib… Puji Tuhan!! ini sungguh luar biasa, kata-nya. Dia juga bertemu dengan rekan2 lain yang nota bene NON MUSLIM yang juga ikut reuni tersebut dan tidak dibeda-bedakan perlakuanya sebagai saudara untuk bisa mendapatkan snack dan minuman lainya secara gratis. Apalagi ada seorang nenek tua yang memeluknya sambil memberikan nasi uduk sehingga lebih terharu ” Tuhanku, rasanya lutut ini lemas tak berdaya..Air mata ini semakin deras membanjiriku. “Puji Tuhan…!!! Di sini di reuni #212 lah aku menyaksikan dengan mata kepalaku sendiri  bahwa merekalah orang orang yang mempunyai hati terpilih, yang mempunyai pesan moral  yang tiada ternilai. Untuk menyikapi rasa persaudaraan  sesama anak bangsa” katanya.

HIKMAH

Salah satu hikmah dibalik reuni ini adalah; Bahwa iman tauhid rubbubiyah kita harus meningkat yaitu kita mengimani bahwa hanya Allah satu-satunya Rabb yang memiliki, merencanakan, menciptakan, mengatur, memelihara, memberi rezeki, memberikan manfaat, menolak mudharat serta menjaga seluruh Alam Semesta. Sebagaimana terdapat dalam Alquran yang berbunyi: QS Az Zummar 39, Ayat 62 “Allah menciptakan segala sesuatu dan Dia memelihara segala sesuatu” dan QS Al Baqoroh Ayat 20; ….. Sesunggulnya Alloh menguasai segala sesuatu”.

Jadi segala kebaikan dan keburukan datangnya hanya dari Alloh, Menjadi orang yang berkuasa atau tidak berkuasa adalah kehendak Alloh, Menjadi mulia atau hina adalah dari Alloh. Jadi Reuni #212 yang dihadiri jutaan manusia yang menggerak-kan adalah Alloh, yang menertibkan adalah Alloh, yang Mengamankan adalah Alloh.

Jadi biarpun Reuni #212 mau dibatalkan dengan cara apapun, kalau Alloh berkehendak terjadi Reuni maka akan terjadi Reuni dan tidak bisa dibatalkan manusia. Jadi kita harus merasa bahwa betapapun kuat-nya manusia, tapi manusia itu sangat lemah karena hanya diciptakan, sesungguhnya yang kuat hanya yang menciptakan manusia.

Kita lihat lagi QS Al Imron Ayat 26-27; Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezki siapa yang Engkau kehendaki tanpa perhitungan (batas).” .

Dengan peristiwa reuni #212 ini, kembali lagi kita bisa mengaca atau mengintrospeksi diri kita masing masing bahwa manusia boleh berencana apa saja namun Alloh-lah yang berkehendak. Mari kita sebagai anak bangsa selalu mengedepankan persatuan, keadilan dan kedamaian. Aamiin.

Cisitu Lama Bandung. 23.07 WIB

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.