“KEJUJURAN AKAN MEMBAWA KEBAIKAN, KENYAMANAN, KETENANGAN, KEBERKAHAN DALAM HIDUP DI DUNIA DAN AKAN MENDAPATKAN SURGA DI AKHIRAT KELAK”

Rabu, 06 Juni 2018

Definisi Jujur

Jujur adalah menyatakan sesuatu dengan sesungguhnya dan apa adanya (tidak ditambah dan dikurangi). Jujur adalah suatu sikap yang mencerminkan adanya kesesuaian antara hati, perkataan dan perbuatan. Apa yang diniatkan oleh hati, diucapkan oleh lisan/mulut dan ditampilkan dalam perbuatan memang itulah yang sesungguhnya terjadi dan sebenarnya. Kejujuran sangat erat kaitannya dengan hati nurani. Hati nurani senantiasa mengajak manusia kepada kebaikan dan kejujuran. Namun terkadang kita enggan mengikuti hati nurani dikarenakan kita lebih mengikuti keinginan hawa nafsu. Kebalikan jujur itulah yang disebut dusta.

Pentingnya Berperilaku Jujur

Sifat jujur harus dimiliki setiap manusia, karena sifat dan sikap ini merupakan prinsip dasar cerminan akhlak(kepribadian) seseorang atau bangsa. Dari pribadi pribadi yang jujur bisa mencerminkan atau menjadikan bangsa yang jujur. Makanya kejujuran sangat bernilai tinggi dalam kehidupan manusia. Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam adalah merupakan pribadi dan keteladanan kejujuran yang harus di contoh, yang mana salah satu sifatnya adalah “amanah” yang artinya dapat dipercaya.

Kejujuran adalah salah satu sifat manusia yang membawa kebaikan, kenyamanan, ketenangan dan keberkahan dalam kehidupan dunia ini dan akan mendapatkan surga di akhirat kelak adalah kejujuran. Perilaku jujur adalah salah satu akhlak mulia dalam ajaran Islam. Sebuah lingkungan keluarga, masyarakat dan negara akan nyaman, tenang dan selalu dalam keberkahan jika anggota anggota keluarga, masyarakat dan negara itu bertindak “jujur” dalam semua perilaku kehidupan berkeluarga, bermasyarakat dan bernegara. Keluarga, masyarakat dan negara yang berperilaku tidak jujur akan hancur.

Kejujuran adalah merupakan pondasi utama yang harus di bumikan dalam mengelola keluarga, masyarakat dan negara. Tanpa kejujuran maka sistem apapun yang dibangun dalam keluarga, masyarakat dan negara akan hancur, runtuh dan berantakan. Ketidak jujuran akan melahirkan kejahatan, ketidaknyamanan dan ketidakberkahan dalam kehidupan. Seorang anak sekolah yang tidak jujur dalam menggunakan uang sekolahnya, maka orang tua nya akan bangkrut, marah dan sakit hati. Pembagian waris yang tidak sesuai dengan wasiat orang tua akan menghasilkan kebencian antar saudara dan bahkan bisa saling membunuh. Gaji yang tidak disalurkan sesuai aturan akan mengakibatkan kemarahan pegawai dan kerugian perusahaan. Ketidak jujuran akan melahirkan perilaku korupsi, kebodohan, kemiskinan, keterbelakangan, ketidakpercayaan dan penindasan. Lihat perilaku masyarakat negara negara yang sudah maju dan negara negara yang miskin dan terbelakang sangat kontras.

Macam Macam Kejujuran

  1. Jujur dalam Niat (Kehendak hati)
  2. Jujur dalam ucapan dan perbuatan (Wajib bagi hamba untuk menjaga lisan dan perbuatan, tidak berkata dan berbuat kecuali dengan benar dan jujur)
  3. Jujur dalam tekat dan memenuhi janji, Lihat QS Al Azzab Ayat 23 : “Di antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah; maka di antara mereka ada yang gugur. Dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka tidak merubah (janjinya)
  4. Jujur dalam kedudukan agama  adalah derajat kejujuran tertinggi yaitu aplikasi rasa takut dan berharap, zuhud, rela dengan pemberi-Nya, cinta dan tawakal.

Hikmah dan Keutamaan perilaku Sifat Jujur

  1. Mengantarkan Seseorang kepada Kebaikan dan Surga, Ibnu Mas’ud menuturkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hendaklah kalian senantiasa berlaku jujur, karena sesungguhnya kejujuran akan mengantarkan pada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan akan mengantarkan pada surga. Jika seseorang senantiasa berlaku jujur dan berusaha untuk jujur, maka dia akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Hati-hatilah kalian dari berbuat dusta, karena sesungguhnya dusta akan mengantarkan kepada kejahatan dan kejahatan akan mengantarkan pada neraka. Jika seseorang sukanya berdusta dan berupaya untuk berdusta, maka ia akan dicatat di sisi Allah sebagai pendusta.”(HR. Muslim no. 2607).
  2. Menenangkan Jiwa, Dari Al Hasan bin ‘Ali, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tinggalkanlah yang meragukanmu pada apa yang tidak meragukanmu. Sesungguhnya kejujuran lebih menenangkan jiwa, sedangkan dusta (menipu) akan menggelisahkan jiwa.”(HR. Tirmidzi no. 2518 dan Ahmad 1/200. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih) 
  3. Diberkahi Alloh; Dari sahabat Hakim bin Hizam, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kedua orang penjual dan pembeli masing-masing memiliki hak pilih (khiyar) selama keduanya belum berpisah. Bila keduanya berlaku jujur dan saling terus terang, maka keduanya akan memperoleh keberkahan dalam transaksi tersebut. Sebaliknya, bila mereka berlaku dusta dan saling menutup-nutupi, niscaya akan hilanglah keberkahan bagi mereka pada transaksi itu.”(HR. Bukhari no. 2079 dan Muslim no. 1532)
  4. Dibangkitkan Pada Hari Kiamat dalam keadaan sebagai orang2 Baik, “Sesungguhnya para pedagang akan dibangkitkan pada hari kiamat nanti sebagai orang-orang fajir (jahat) kecuali pedagang yang bertakwa pada Allah, berbuat baik dan berlaku jujur.”[3]
  5. Dipercaya dan disenangi oleh orang lain, teman, keluarga, masyarakat dan negara.

Ya Allah, mudahkanlah hamba-Mu untuk selalu memiliki akhlak yang mulia ini, selalu berlaku jujur dalam segala hal. Amin

Referensi:

  1. Al-quran Terjemahan
  2. Hadist Bukhari Muslim Tirmidzi, dll
  3. Sumber : https://rumaysho.com/1263-berlakulah-jujur.html

Cisitu Lama, Bandung

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.