“JANGANLAH MENYAKITI HATI ORANG LAIN APALAGI SESAMA MUSLIM”

16 APRIL 2018,

Judul tersebut diatas itulah contoh panduan umat islam dalam bergaul di masyarakat yang majemuk (yaitu masyarakat yang berbeda beda dalam ras, suku, agama dan golongan).

  1. Dalam Alquran Alloh Berfirman;
    • “Sesungguhnya dosa besar itu atas orang-orang yang berbuat zalim kepada manusia dan melampaui batas di muka bumi tanpa hak. Mereka itu mendapat azab yang pedih“. (QS Asy Syura: 42)
    • Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang yang mukmin dan mukminat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata” (QS Al Ahzaab 33, Ayat 58).
    • “Hai orang-orang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olokkan kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yg diolok-olok) lebih baik daripada mereka (yg mengolok-olok) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yg diolok-olok) lebih baik daripada wanita (yg mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang zhalim.” (QS. Al Hujurat: 11)
    • Dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain.” (QS. Al Hujurat:12)
  2. Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda:
    • Sesungguhnya umatku yang bangkrut adalah orang yang pada hari kiamat datang dengan shalat, puasa, dan zakat, tetapi ia selalu mencaci-maki, menuduh, dan makan harta orang lain serta membunuh dan menyakiti orang lain. Setelah itu, pahalanya diambil untuk diberikan kepada setiap orang dari mereka hingga pahalanya habis, sementara tuntutan mereka banyak yang belum terpenuhi. Selanjutnya, sebagian dosa dari setiap orang dari mereka diambil untuk dibebankan kepada orang tersebut, hingga akhirnya ia dilemparkan ke neraka.” (HR Muslim)
    • Sesungguhnya orang yang paling buruk kedudukannya di sisi Allah adalah orang yang ditinggalkan oleh orang-orang karena mereka khawatir terkena perilaku bejatnya.” (HR. Bukhari, Muslim, dari ‘Aisyah radhiallahu anha)
    • Setiap muslim itu haram atas muslim yang lain; darahnya, hartanya, dan kehormatannya.” (HR. Muslim dan Tirmiadzi, dari Abu Hurairah)

    • Setiap muslim itu saudara bagi muslim yang lain. Dia tidak akan menzhaliminya, menghinakannay, dan tidak pula meremehkannya. Keburukan seseorang itu diukur dari sejauh mana dia meremehkan saudaranya.” (HR.Muslim dan lainnya, dari Abu Hurairah)

    • Mencela seorang muslim itu perbuatan fasiq sedangkan memeranginya adalah perbuatan kufur.” (HR.Bukhari dan Muslim)

    • Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu berkata, seseorang bertanya, “Wahai Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam, ada seorang wanita yg rajin shalat malam dan shiyam sunnah, tetapi tetangganya tersiksa karena lisannya.” maka belau Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda, “Dia tidak memiliki kebaikkan sama sekali. Dia akan masuk neraka.” (HR. Hakim dan dia nyatakan sebagai hadits shahih)

    • Ingatlah kebaikan-kebaikan orang-orang yang sudah mati diantara kalian. Jagalah diri kalian dari menyebut keburukan-keburukan mereka.” (HR. Hakim dan dia nyatakan sebagai hadits shahih)

    • Barangsiapa memanggil seseorang dengan panggilan kufur atau memanggilnya dengan mengucapkan,’Hai musuh Allah!’, padahal keadaan orang itu tidak demikian, maka panggilannya tadi akan kembali kepadanya.” (HR. Bukhari, Muslim, dari Abu Dzar)

    • Pada malam aku dimi’rajkan , aku melewati satu kaum yang memiliki kuku dari tembaga. Mereka mencakari wajah dan dada mereka. Aku pun bertanya, ‘Siapakah mereka itu, Jibril?’ Ia menjawab, ‘Merekalah orang-orang yang memakan daging manusia dan menodai kehormatan mereka.’” (HR. Abu Dawud, dari Sahabat Anas).

Dengan membaca dan memahami Firman Alloh dan Hadist Rosullulloh diatas, cukuplah kita ambil sebagai Dalil pedoman kita (Umat Muslim) dalam Bergaul di Masyarakat yang Majemuk Ini.

Tulisan ini dibuat karena sudah banyak sesama muslim saling menghina sesama dengan menodai agama islam yang suci dan tinggi ini. Seorang Muslimah dan anak Proklamator Republik Indonesia berpuisi dengan menodai syariat beragama dan jika kita mendengar dan melihatnya maka hati kita sebagai muslim akan sakit dan marah, padahal dia mengaku Muslim. Lihat Firman Alloh Berikut ini; Sesungguhnya orang-orang yang menyakiti Allah dan Rasul-Nya. Allah akan melaknatinya di dunia dan di akhirat, dan menyediakan baginya siksa yang menghinakan (QS Al Ahzaab 33, Ayat 57).

Berhentilah saling mengejek, menghina, mengolok olok, merendahkan orang lain apalagi sesama Muslim baik secara langsung (Berhadap hadapan, saling melihat dan mendengar) maupun tidak langsung (Dalam media sosial dan electronik; face book, what upp, email, tv, you tube, dll).

Mari kita implementasikan dalam kehidupan sehari hari kita baik dalam berkeluarga dan bermasyarakat. Insya Alloh negeri ini akan aman, damai dan sentosa. Amin

Cisitu Lama I, Bandung (ParwotoSupartonoSuwadi/Parsuwot)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.