GEMPA TEKTONIK 6.1 SR, TGL 23 Januari 2018, jam 13:34:53, MELANDA kantorku di EQUITY TOWER Lantai 48, JAKARTA.

Hari itu adalah hari selasa, saya sholat dzuhur berjamaah di Masjid Yusuf, Energy Tower, setelah sholat mendengarkan ceramah fikih harian oleh Pak Ustad Itang Rusmana masalah “Bagaimanakah seharusnya akhlak seorang Dai”….. Selesai dari energy tower…….. Baru Masuk kantor dan duduk sebentar…….. terus ada gempa…. Saya ada dilantai 48 dari 50 lantai gedung itu. Goyangan langsung besar sekitar 5 detik….. sehingga kita panik semua……. Dan saya masuk bawah meja seperti teman2 lainya….. namun goyangan gempa tidak mereda…… mungkin 10 detik…….. goyangan masih terus dan akhirnya saya lari ke tangga karena teman teman juga lari kesana…… digedung tidak ada komando instruksi yang jelas…… saya tidak mendengar instruksi dari 1 komando siapapun itu…….. sehingga hanya ikut teman teman lari ke tangga………. Ditangga sudah banyak orang dari lantai2 lainya …….Kalang kabut……ada yang tuwa atau wanita yang larinya sangat pelan karena takut, lelah dan stress…….ada yang mau cepat sampai dan keluar dari gedung. Sehingga banyak yang pusing, kaki terasa linu, keringat mengucur, …. Ternyata baru sampai lantai 37……..hati ini cemas, dan takut (kami diam sejenak)…….. namun masih ada Goyangan Gempa. Semakin takut dan lari secepat cepatnya … nyalip dan nyenggol orang lain………. Waduh masih dilantai 17……… walah…… kaki sudah ngewel (getar sendiri)….. butir Keringat yang besar besar keluar dengan deras……….. Lari terus sampai keluar tangga (Depan BCA)….. Wahh sudah banyak orang. Dalam pelarian lewat tangga saya melihat banyak orang yang stress dan kalang kabut. para direktor perusahaan samapai office boy, bermacam macam orang, ada yang londo, jepang, amerika, afrika dll. Sungguh Luar biasa. Kantor yang begitu megah ditempat yang strategis, namun jika ada gempa seperti ini, kita kalang kabut, nggak karuan, takut, dan kawatir nggak ketulungan.

Coba kita renungkan, Baru terjadi gempa 6.1 scala richter saja, manusia sudah kalang kabut, apalagi kalau terjadi hari Kiamat………

Dalam Alquran bila terjadi kiamat maka berikut ini adalah hal2 yang pasti terjadi:

  1. Matahari digulung (at-Takwir: 1)
  2. Langit terbelah, dan bintang-bintang berjatuhan,  (at-Takwir: 2), (al-Infithar: 1-2), (al-Insyiqaq: 1) . Lautan menjadikan meluap dan apabila kuburan-kuburan dibongkar (al-Infithar: 3-4). Dan apabila unta-unta yang bunting ditinggalkan (tidak diperdulikan) (At Takwir 4)
  3. Bumi Bergoncang (digoncangkan dengan goncangan yang dasyat  atau Segoncang goncang-nya) Dan bumi mengeluarkan beban2 berat yang dikandungnya, kemudian Manusia Bingung dan bertanya “mengapa bumi menjadi begini” (Al Zazalah 1-3). Pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Rabbmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.” (QS. Al Zalzalah: 4-8)
  4. Gunung-gunung beterbangan dan bumi diratakan (al-Qari’ah: 5), (at-Takwir: 3),(At Thaha: 105-107)
  5. Seluruh manusia dibangkitkan dari kuburnya, (Yasin: 51-52), (al-Infithar: 4), (at-Takwir: 5)
  6. Harta benda ditinggalkan, tidak dipedulikan. Dan apabila unta-unta yang bunting ditinggalkan (tidak diperdulikan) (At Takwir 4), (al-Insyiqaq: 4)

Coba kita renungkan kejadian Gempa dalam Alquran:

  1. Gempa yang ditimpakan kepada penduduk Madyan karena mereka sombong dan durhaka kepada Nabi Syu’aib. “Maka mereka mendustakan Syu’aib, lalu mereka ditimpa gempa yang dahsyat, dan jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di tempat-tempat tinggal mereka” (QS Al Ankabut 37).
  2. Gempa ditimpakan kepada kaum nabi Shaleh karena menyombongkan diri, Mereka berkata: “Sesungguhnya kami adalah orang yang tidak percaya kepada apa yang kamu imani itu”. Kemudian mereka sembelih unta betina itu, dan mereka berlaku angkuh terhadap perintah Tuhan. Dan mereka berkata: “Hai Shaleh, datangkanlah apa yang kamu ancamkan itu kepada kami, jika (betul) kamu termasuk orang-orang yang diutus (Allah)”. Karena itu mereka ditimpa gempa, maka jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di tempat tinggal mereka. (QS Al A’raaf ayat 76-78, Juga ayat 90-91).
  3. Gempa bumi juga terjadi pada Nabi Musa dan kaumnya: ……Maka ketika mereka digoncang gempa bumi, Musa berkata :……… ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkaulah Pemberi ampun yang sebaik-baiknya (QS Al A’raaf 155).

Dan Dalam Alquran telah memperingatkan kepada kita :

  •  ……. Dan musibah apa saja yang menimpa kalian, maka disebabkan oleh perbuatan tangan kalian sendiri, dan Allah mema’afkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)” [Asy-Syuura : 30]
  • “…….. Nikmat apapun yang kamu terima, maka itu dari Allah, dan bencana apa saja yang menimpamu, maka itu karena (kesalahan) dirimu sendiri” [An-Nisaa : 79]
  • ……….Sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya” [Al-A’raaf : 96]

Hayoo…. kita instropeksi diri dan mulai berubah menjadi lebih baik…… karena kita tidak tahu kapan bencana itu terjadi…..

Jakarta 23 Jan 2018, 18.30 After Magrib.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.