KH Maman di Metro TV….. Pluralis, liberalis?

Assalamualaikum Warohmatullohi wabarokatuh,

Saudara & sahabatku tercinta………. Beberapa hari belakangan ini, saya mendengar, melihat dan membaca tentang KH Maman yang muncul di acara kick andy metro TV yang berpendapat bahwa semua orang, siapapun, beragama apapun akan mendapat tempat yang terbaik disisi Alloh, jika berbuat baik (social, soleh, membantu sesama, dll). Pendapat yang seperti ini adalah “Mendustai Alqur’an dan Hadist ” dan “Sesat menyesatkan” dan Jauh dari Kebenaran. Saya sebagai orang kecil dan awam dalam agama sangat menyayangkan pendapat seperti ini. Ada beberapa hal yang patut dipertanyakan seperti :

  1. Yang berpendapat ini adalah Kyai Haji, dan gelar ini dalam islam sangat tinggi nilainya dalam strata umat islam
  2. Ada apa dengan Kick Andy dan Metro TV? Mencari uang dan dunia? Pasti!!
  3. Banyak sudah Ulama melalui social media (you tube, koran, twitter, dll) berpendapat bahwa KH maman cocok jadi Biksu dan “Sesat Menyesatkan”.

Dan saya Pribadi mengusulkan agar MUI segera mengkajinya dan berfatwa mengenai Pendapat KH Maman tersebut (Karena ini sangat berbahaya buat Umat islam baik sebagai pribadi dan masyarakat).

Menurut Gus Nur melalui Youtube; bahwa barang siapa yang mau mencari uang atau ingin ekonominya menjadi baik dan terkenal dalam Sosmed dan bisa diundang ke Istana bisa “mengikuti KH Maman ini”. Namun menurut Gus Nur sendiri, jika dibayar 1 millyar atau 1 Trilyun atau ribuan atau jutaan trilyun pun Gus NurPun tidak akan mau mengikuti pendapat KH Maman itu. kalau saya dikasih dunia dan seisinya tapi tdk mendapatkan akherat ya……. siapa yang mau…… yang mau ya.. orang gila

Alhamdulilah……Saya sudah mempelajari Alquran dan Hadist bahwa Siapapun yang tidak Beriman (Tidak percaya kapada semua 6 Rukun Iman), Misalnya tidak percaya hari Akhir, atau tidak percaya akherat, tidak percaya atau mendustakan Alquran  maka amalnya sia-sia.

Perbuatan orang kafir sia-sia (Lihat Alquran dan ayat2nya dibawah ini)

  1. QS AL BAQARAH:217, “………………..Barangsiapa yang murtad di antara kamu dari agamanya, lalu dia mati dalam kekafiran, maka mereka itulah yang sia-sia amalannya di dunia dan di akhirat, dan mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya”.
  2. QS ALI IMRAN: 21&22, (21)Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi yang memamg tak dibenarkan dan membunuh orang-orang yang menyuruh manusia berbuat adil, maka gembirakanlah mereka bahwa mereka akan menerima siksa yg pedih (22)Mereka itu adalah orang-orang yang lenyap (pahala) amal-amalnya di dunia dan akhirat, dan mereka sekali-kali tidak memperoleh penolong”
  3. QS ALI IMRAN:116&117, (116) Sesungguhnya orang-orang yang kafir baik harta mereka maupun anak-anak mereka, sekali-kali tidak dapat menolak azab Allah dari mereka sedikitpun. Dan mereka adalah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. (117) “Perumpamaan harta yang mereka nafkahkan di dalam kehidupan dunia ini, adalah seperti perumpamaan angin yang mengandung hawa yang sangat dingin, yang menimpa tanaman kaum yang menganiaya diri sendiri, lalu angin itu merusaknya. Allah tidak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri”
  4. QS AL MAIDAH:5, “………..Barangsiapa yang kafir sesudah beriman (tidak menerima hukum-hukum Islam) maka hapuslah amalannya dan ia di hari kiamat termasuk orang-orang merugi”
  5. QS AL ANAM:88, ” …………..Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan”.
  6. QS AL ARAF:138, 139 &140, (138)Dan Kami seberangkan Bani Israil ke seberang lautan itu, maka setelah mereka sampai kepada suatu kaum yang tetap menyembah berhala mereka, Bani lsrail berkata: “Hai Musa. buatlah untuk kami sebuah tuhan (berhala) sebagaimana mereka mempunyai beberapa tuhan (berhala)”. Musa menjawab: “Sesungguh-nya kamu ini adalah kaum yang tidak mengetahui (sifat-sifat Tuhan)” (139)”Sesungguhnya mereka itu akan dihancurkan kepercayaan yang dianutnya dan akan batal apa yang seIalu mereka kerjakan. (140)Musa menjawab: “Patutkah aku mencari Tuhan untuk kamu yang selain dari pada Allah, padahal Dialah yang telah melebihkan kamu atas segala umat.
  7. QS AL ARAF:14, “Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan mendustakan akan menemui akhirat, sia-sialah perbuatan mereka. Mereka tidak diberi balasan selain dari apa yang telah mereka kerjakan”.
  8. QS AL ANFAL:36 ” Orang-orang yang kafir yang menafkahkan harta mereka untuk menghalangi (orang) dari jalan Allah. Mereka akan menafkahkan harta itu, kemudian menjadi sesalan bagi mereka, dan mereka akan dikalahkan. Dan ke dalam Jahannamlah orang-orang yang kafir itu dikumpulkan”
  9. QS AT TAWBAH:17, “Tidaklah pantas orang-orang musyrik itu memakmurkan mesjid-mesjid Allah, sedang mereka mengakui bahwa mereka sendiri kafir. Itulah orang-orang yang sia-sia pekerjaannya, dan mereka kekal di dalam neraka.
  10. QS AT TAWBAH:53 & 54, (53) “Katakanlah: “Nafkahkanlah hartamu, baik dengan sukarela ataupun dengan terpaksa, namun nafkah itu sekali-kali tidak akan diterima dari kamu. Sesungguhnya kamu adalah orang-orang yang fasik“. (54)Dan tidak ada yang menghalangi mereka untuk diterima dari mereka nafkah-nafkahnya melainkan karena mereka kafir kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka tidak mengerjakan sembahyang, melainkan dengan malas dan tidak (pula) menafkahkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan”.
  11. QS AT TAWBAH: 67,68 & 69, (67)Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan. sebagian dengan sebagian yang lain adalah sama, mereka menyuruh membuat yang munkar dan melarang berbuat yang ma’ruf dan mereka menggenggamkan tangannya. Mereka telah lupa kepada Allah, maka Allah melupakan mereka. Sesungguhnya orang-orang munafik itu adalah orang-orang yang fasik. (68) Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka. (69) keadaan kamu hai orang-orang munafik dan musyrikin adalah seperti keadaan orang-orang sebelum kamu, mereka lebih kuat daripada kamu, dan lebih banyak harta dan anak-anaknya dari kamu. Maka mereka telah menikmati bagian mereka, dan kamu telah menikmati bagian kamu sebagaimana orang-orang yang sebelummu menikmati bagiannya, dan kamu mempercakapkan (hal yang batil) sebagaimana mereka mempercakapkannya. Mereka itu amalannya menjadi sia-sia di dunia dan di akhirat; dan mereka itulah orang-orang yang merugi”.
  12. QS HUD:15 & 16, (15) Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. (16)Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan“.
  13. QS AR RAD:14, “Hanya bagi Allah-lah (hak mengabulkan) doa yang benar. Dan berhala-berhala yang mereka sembah selain Allah tidak dapat memperkenankan sesuatupun bagi mereka, melainkan seperti orang yang membukakan kedua telapak tangannya ke dalam air supaya sampai air ke mulutnya, padahal air itu tidak dapat sampai ke mulutnya. Dan doa (ibadat) orang-orang kafir itu, hanyalah sia-sia belaka“.
  14. QS IBRAHIM:18, “Orang-orang yang kafir kepada Tuhannya, amalan-amalan mereka adalah seperti abu yang ditiup angin dengan keras pada suatu hari yang berangin kencang. Mereka tidak dapat mengambil manfaat sedikitpun dari apa yang telah mereka usahakan (di dunia). Yang demikian itu adalah kesesatan yang jauh”.
  15. QS AL KAHF:103,104 & 105, (103) “Katakanlah: “Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya? (104)”Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.(105) Mereka itu orang-orang yang telah kufur terhadap ayat-ayat Tuhan mereka dan (kufur terhadap) perjumpaan dengan Dia, maka hapuslah amalan-amalan mereka, dan Kami tidak mengadakan suatu penilaian bagi (amalan) mereka pada hari kiamat.
  16. QS AN NUR:39, “Dan orang-orang kafir amal-amal mereka adalah laksana fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu dia tidak mendapatinya sesuatu apapun. Dan didapatinya (ketetapan) Allah disisinya, lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan amal-amal dengan cukup dan Allah adalah sangat cepat perhitungan-Nya.
  17. QS AL FURQAN:21,22, 23, (21) Berkatalah orang-orang yang tidak menanti-nanti pertemuan(nya) dengan Kami: “Mengapakah tidak diturunkan kepada kita malaikat atau (mengapa) kita (tidak) melihat Tuhan kita?” Sesungguhnya mereka memandang besar tentang diri mereka dan mereka benar-benar telah melampaui batas(dalam melakukan) kezaliman”. (22) Pada hari mereka melihat malaikat dihari itu tidak ada kabar gembira bagi orang-orang yang berdosa mereka berkata: “Hijraan mahjuuraa. (23)Dan kami hadapi segala amal yang mereka kerjakan, lalu kami jadikan amal itu (bagaikan) debu yang berterbangan.
  18. QS AL AHZAB:19, “Mereka bakhil terhadapmu, apabila datang ketakutan (bahaya), kamu lihat mereka itu memandang kepadamu dengan mata yang terbalik-balik seperti orang yang pingsan karena akan mati, dan apabila ketakutan telah hilang, mereka mencaci kamu dengan lidah yang tajam, sedang mereka bakhil untuk berbuat kebaikan. Mereka itu tidak beriman, maka Allah menghapuskan (pahala) amalnya. Dan yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.
  19. QS AZ ZUMAR:65, “Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. “Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi.
  20. QS MUHAMMAD:1, “Orang-orang yang kafir dan menghalangi (manusia) dari jalan Allah, Allah menyesatkan perbuatan-perbuatan mereka.
  21. QS MUHAMMAD: 8 & 9. (8)”Dan orang-orang yang kafir, maka kecelakaanlah bagi mereka dan Allah menyesatkan amal-amal mereka.(9)Yang demikian itu adalah karena Sesungguhnya mereka benci kepada apa yang diturunkan Allah (Al Quran) lalu Allah menghapuskan (pahala-pahala) amal-amal mereka.
  22. QS MUHAMMAD:28, “Yang demikian itu adalah karena sesungguhnya mereka mengikuti apa yang menimbulkan kemurkaan Allah dan karena mereka membenci keridhaan-Nya, sebab itu Allah menghapus (pahala) amal-amal mereka.
  23. QS MUHAMMAD:32, “Sesungguhnya orang-orang kafir dan (yang) menghalangi manusia dari jalan Allah serta memusuhi Rasul setelah petunjuk itu jelas bagi mereka, mereka tidak dapat memberi mudharat kepada Allah sedikitpun. Dan Allah akan menghapuskan (pahala) amal-amal mereka

Beberapa hadist juga:

  • Shahih Bukhory, Penjelasan Surah Alkafi 103, Hadist No. 4359. Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Basysyar Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far Telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari ‘Amru bin Murrah dari Mush’ab bin Sa’ad dia berkata; Aku bertanya kepada Bapakku mengenai firman Allah; Katakanlah: “Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?” apakah mereka orang Harury (nama sebuah desa kaum khawarij)?Bapakku menjawab; bukan, mereka adalah Yahudi dan Nashrani. Adapun orang-orang Yahudi, mereka telah mendustakan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Sedangkan Nashrani mereka telah mengingkari surga. Mereka mengatakan; didalamnya tidak ada makanan dan minuman. Adapun Haruriy mereka adalah orang-orang yang melanggar perjanjian Allah sesudah perjanjian itu teguh… dan Sa’ad menamakan mereka sebagai orang-orang yang fasik.
  • Allah tidak menerima iman tanpa amal perbuatan dan tidak pula menerima amal perbuatan tanpa iman. (HR. Ath-Thabrani)

Kesimpulan: ada 7 orang yang amalan-nya sia sia

  1. Orang kafir
  2. Orang Musrik
  3. Orang Yang Murtad dari Islam
  4. Orang yang  tidak ikhlas beramal (Riya’ & Sum’ah)
  5. Orang yang berbuat bid’ah
  6. Orang Yang Muflis (bangkrut)  Munafik
  7. Menyakiti Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam

Catatan Parsuwot,

Bandara Sukarno Hatta, Terminal 3, Gate 5, 05 Juli 2017

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.